Posted by : Unknown


Sebelum ke tahap membuat model, view, dan controller buatlah dulu databasenya. Disini saya membuat database dengan nama belajar_ci. Lalu saya buat tabel dengan nama mahasiswa. Tabel mahasiswa berisi no_induk, nama, jurusan, alamat. Seperti ini contohnya



atau cara instannya dengan cara klik disini


copy semua code yang ada di link diatas. Lalu buat file dengan nama belajar_ci.sql. Setelah itu buat database dengan nama belajar_ci. Setelah itu import belajar_ci.sqlnya di dalam database belajar_ci. Hasilnya akan sama saja seperti screenshot diatas.

setelah itu buat file controllernya file controller meletakkannya di CI/aplication/controllers/helloworld.php (helloworld.php) adalah controller saya (sesuai nama yang saya tulis di routes.php)

setelah itu buat fungsi indexnya dan fungsi constrcutnya. seperti ini contohnya

  
setelah itu buat modelnya pada CI/aplication/models/m_crud.php setelah itu tulis beberapa code yang digunakan untuk menampilkan data nantinya.


setelah itu kembali ke helloworld.php. Pada function index, tambahkan beberapa code untuk menampilkan data. 





setelah itu buat file viewnya. Letakkan file viewnya pada CI/aplication/view/v_crud.php dan buatlah form untuk menampilkan data.



setelah itu buka pada browser. Jika sudah benar maka akan muncul seperti ini

Sekian tutorial dari saya. Jika ada yang salah tolong di beri tahu lewat komentar ya. Setelah ini akan saya posting form input datanya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Our Friend

My Visitor

Sekarang Jam :

The Cyber

Follow IG Saya

- Copyright © 2013 The Cyber -The Cyber- Re-Designed By Rey -